Kamis, 08 Januari 2009

Usaha-usaha (Saya) untuk Meningkatkan PBM Matematika Menuju Kualitas ke-2 (Antara Teori dan Pengalaman)

A. Usaha secara Internal

- Menyadari sepenuh hati bahwa kegiatan PBM merupakan kewajiban pokok selaku guru. Oleh karena itu saya harus bertanggung jawab atas keberhasilan peserta didik khusus dalam prestasi matematika, umumnya keberhasilan peserta didik di jenjang SMP
- Belajar sepanjang hayat, dalam artian saya harus jangan bosan dan lelah untuk memperoleh ilmu matematika untuk disumbangkan kepada peserta didik, walau usia makin tua. Hal ini disadari, bahwa semakin ilmu itu diperoleh, maka semakin jelas kebodohan saya di saat ini. Apalagi dengan kemajuan jaman yang tak terbendung lagi, sangat dimungkinkan bahwa peserta didik lebih tahu dari gurunya.

B. Usaha Eksternal
- Banyak membuat karya ilmiah. selama ini guru sebagai harapan kemajuan peserta didik, orang tua dan bangsa Indonesia, masih jarang membuat hasil karya. Adapun hasil karya yang ada belum tergolong karya ilmiah, karena tidak dilakukan berdasarkan prosedur ilmiah. Saya harus mampu menghasilkan karya-karya ilmiah minimal dapat digunakan bagi peserta didik di lingkungan saya
- Banyak mengikuti forum ilmiah
- Membiasakan mempresentasikan hasil pendidikan dan latihan kepada rekan sejawat dan mendiskusikan rencana kerja dan solusi pemecahan masalah
- Jadilah saya sebagai pioner bagi kemajuan pendidikan minimal di lingkungan saya sendiri.

Dede Sudjadi – 08301289019
Pend. Matematika
Program Sertifikasi Guru SMP
FMIPA - UNY Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar